[TIPS] Tips Skripsi Jurusan Informatika

Ok, kali ini saya ingin membahas tips tips merngerjakan Skripsi khususnya di Jurusan Informatika. Kenapa jurusan informatika? tentu saja, karena saya ini mahasiswa Jurusan Informatika. Jujur, Skripsi di Informatika (Khusus nya di kampus gw) susah. Kalau kalian melihat jurusan lain, mungkin secara garis besar nya bakal seperi ini: Survey -> disimpulkan -> Jadi bahan Skripsi. Kalau di Jurusan Informatika, kira – kira bakal gini: Cari Masalah -> Cari Solusi -> Buat Program (Butuh waktu agak lama) -> Menjelaskan Program -> Jadi Skripsi. Berikut ini akan saya jelaskan tips tips mengerjakan skripsi Jurusan Informatika.

1. Tipe Skripsi

Oke, yang pertama yang ingin saya bahas adalah “Tipe Skripsi”. Ini cukup penting karena setiap kampus ternyata mempunyai tipe – tipe skripsi Yang diperbolehkan. Secara garis besar sih ada 2 tipe Skripsi.

1.1 Yang Penting Membuat Aplikasi

Kalau kuliah kalian tipe skripsi nya seperti ini, yaitu yang penting bisa membuat Aplikasi dan bisa menjelaskan, selamat. Tipe ini cukup mudah dan tidak akan saya bahas secara detail di sini. yang perlu anda perhatikan yaitu cari topik apa yang anda bisa kerjakan dan juga menjelaskan. Sisanya untuk penulisan kallian tinggal mengikuti aturan penulisan skripsi di kampus Anda. dan Selesai. Untuk revisi – revisi, kemungkinan akan berfokus pada fitur Aplikasi dan cara penulisan skripsi anda. Selesai.

1.2 Ada Pembaruan dari Penelitian Sebelumnya

Kalau anda disuruh membuat skripsi yang seperti ini, Kita sama :v . Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan. akan saya jelaskan secara detail. Sebelumnya, walaupun di sini tertulis “Ada pembaruan dari penelitian sebelumnya” bukan berarti anda harus membuat teori atau langkah baru layaknya Penelitian S3. Tetapi anda disuruh menerapkan suatu metode yang sudah ada untuk di implementasikan pada topik anda, namun di improvisasi lagi dengan penelitian lain yang berhubungan, maka terjadilah pembaruan penelitian. Tentunya jika hasil akhir skripsi anda belum pernah dibuat oleh orang lain (Biasanya mahasiswa mengakali dengan mengganti topik skripsi nya. Ini bisa dibenarkan, bisa juga disalahkan. untuk lebih jelasnya, kalian diskusikan dengan dosen pembimbing anda)

2. Cari Topik Dulu atau Cari Metode Dahulu?

Mungkin banyak dari kalian disarankan untuk mencari topik yang anda kerjakan dahulu. Ya, ini benar. tapi mencari metode nya dahulu bukanlah hal yang salah. Keuntungan anda mencari metodenya dahulu yaitu anda bisa menemukan jurnal yang akan dipakai secagai skripsi lebih cepat. Hal ini dikarenakan anda sudah mencari jurnal random dari awal.

Menemukan banyak topik dari satu metode “Convolutional Neural Network

Misalnya anda tertarik dan paham apa itu “Remote Sensing Image Classification”. Oke, simpan dulu topik nya. Setelah itu cari kira kira topik CNN + Remote Sensing Image Classification ini bisa ditambah apa lagi ya biar ada kesan “Baru” ? Tunggu Sebentar, kalau kita lihat kembali ke judulnya, “A patch-based convolutional neural network for remote sensing image classification”, ternyata jurnal tersebut tifak hanya menggunakan CNN. Tetapi menggunakan “patch-based convolutional neural network“. Wow, ternyata yang digunakan sudah dioptimasi. Jadi, kita sudah punya topik CNN + Optimasi dengan Patch-Based + Remote Sensing Image Classification . Dari sini, ada 2 hal yang bisa kita lakukan. Yang pertama, yaitu seperti yang saya tulis sebelumnya. yaitu “Ganti topiknya”. Tentu hal ini perlu di konsultasikan dengan Dosen Pembimbing Anda. Lalu cara yang kedua, yaitu mencari lagi kira – kira masih bisa dioptimasi lagi ataukah tidak. Optimasi di sini tidak harus optimasi dari algoritma yang akan kita teliti. Mungkin bisa dari Sumber data nya yang dioptimasi, atau parameter parameter nya yang bisa dioptimasi. Tentu saja hal ini juga perlu diperkuat dengan penelitian penelitian yang sudah ada. dan akhirnya penelitian anda akan seperti ini:

3. Nggak Paham Sama Metode nya T-T

Nah, ini juga salah satu masalah utama saat anda mengerjakan Skripsi. Jujur, yang contoh tadi saya juga belum mendalami :v . Intinya, saat anda mencari topik, atau metode, cari lah yang anda tahu. Nggak harus Artificial Inteligent kok. Topik di Informatika ada banyak. Beberapa nya:

  • Jaringan Komputer
  • Cloud Computing
  • Teknologi Mobile (Banyak yang salah sangka dikira disuruh membuat aplikasi android / ios. Namun, di topik ini tugas anda mengembangkan teknologi mobile nya. bukan aplikasi jadi mobile nya)
  • Robotika (Bikin robot dari saran beberapa Jurnal penelitian mungkin (•ิ_•ิ)? )
  • Data Science
  • Machine Learning
  • IoT
  • Sistem Pakar
  • GeoInformatika
  • Bioinformatika
  • Kriptografi

4. Lanjut Part 2

Oke, jika anda sudah sampai sini, seharusnya Anda sudah siap ingin membuat penelitian apa. Mungkin setelah ini, anda mulai fokus pada penulisan pra Proposal . Setelah anda lolos pada tahap pra proposal, baru deh anda siap mengerjakan Skripsi nya. untuk tips lanjutannya akan saya tulis di Part 2 ya (Kalau ada waktu dan ada ide apa yang akan di tulis XD ). Di part – part selanjutnya kemungkinan yang akan dibahas yaitu tentang cara mambaca jurnal, dan …. Apalagi ya?

Mungkin kalau kamu ada pertanyaan atau diskusi atau curhat, asal nggak menyinggung kampus atau orang lain silahkan tulis aja dikomentar ini ya (..)b

One Comment

Diskusi Yuk...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s